Selasa, 20 November 2012

membuat kerajinan dari sabun mandi

Cara membuat kerajinan tangan dari sabun mandi
 
 
 
Kali ini saya akan sedikit memberikan cara sederhana menyulap sabun mandi menjadi bunga yang cantik.  Oke kita bahas sambil praktek saja ya.
Pertama-tama siapkan sabunnya terus 5 sendok makan air panas, tepung maizena (tepung jagung) secukupnya, dan pewarna bila perlu.
Cara membuatnya juga sederhana yaitu: sabun diparut dengan parutan kelapa lalu dicampur dengan air panas dan diaduk sampai rata. Jika dihenhendaki dapat ditambahkan zat pewarna makanan beberapa tetes. Kemudian masukkan tepung maizena agar menjadi keras, dan bentuklah adonan tadi menjadi kelopak bunga sesuai keinginan (mawar kembang dan kuncup, melati, matahari, tulip dan berbagai bentuk bunga lain) yang dirangkai pada lidi/kawat sebagai tangkai bunga atau bentuk buah-buahan (jeruk, pisang, apel dll). Pada tahap akhir rangkailah bunga dan letakkan dalam vas bunga.

Dalam merangkai bunga dari sabun kita dapat membuat dengan berbagai macam ukuran dan hiasan tambahan seperti daun-daunan. Bunga dari sabun ini mampu menghasilkan aroma wewangian selama kurang lebih enam bulan.
Perlu di ikat juga dalam membuat bunga dari sabun tersebut sebaiknya sabun mandi yang digunakan sabun mandi kesehatan tapi gunakan yang beraroma wangi buah-buahan. Untuk tujuan aroma terapi saat ini juga banyak dijual jenis-jenis sabun yang yang berfungsi untuk aroma terapi berdasarkan wanginya.
Jadi bunga yang diciptakan selain menjadi pengharum ruangan juga bias jadi aroma terapi.
Semoga bermamfaat

1 komentar:

  1. kalau tepung maizenanya diganti tepung terigu bisa atau tidak?

    BalasHapus